Egi Rahman 2110952042

.

LA MODUL 1 P4



MODUL 1
PERCOBAAN 4 KONDISI 5

1. Prosedur
[Kembali]

+ Rangkai semua komponen sesuai kondisi yang dipilih
+ buat program di aplikasi arduino IDE
+ setelah selesai masukkan program ke arduino (Verify and Upload)
+ jalankan program pada simulasi dan cobakan sesuai dengan modul dan kondisi
+ Selesai

2. Hardware dan diagram blok [Kembali]
      a. hardware
                                                                       
1. LCD 2X16
2. Arduino Uno
3. Keypad

            b. Digram Blok



3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip kerja [Kembali]

A. Gambar Rangkaian
                              
                                        
PRINSIP KERJA
   Pertama, kita akan menghubungkan mikrokontroler Arduino dengan keypad dan layar LCD sesuai modul Praktikum. Setelah itu, kita akan mengunggah kode yang telah disiapkan ke dalam mikrokontroler atau arduino uno. Proses inisialisasi akan dimulai, di mana pin untuk keypad dan layar LCD akan dikonfigurasi, dan komunikasi serial mungkin juga akan diinisialisasi. Setelah itu, mikrokontroler akan mulai memantau input dari keypad secara terus-menerus. Setiap kali tombol pada keypad ditekan, mikrokontroler akan mendeteksi sinyal yang masuk dari pin yang terhubung ke keypad. Nilai dari tombol yang ditekan akan diekstraksi, dan kemudian nilai tersebut akan ditampilkan di layar LCD. Proses ini akan berulang terus menerus, sehingga setiap interaksi dengan keypad akan menghasilkan respons yang sesuai di layar LCD. sebagaia contok jika kita menekan tombol 1 maka akan menampilkan angka 1 pada LCD begitu seterusnya.
     keypad memiliki prinsip kerja scaning yaitu malakukan scan pada baris dan kolom dari keypad itu sendiri sehingga ketika angka atau posisi angka yang di tekan otomatis akan memunculkan angka sesuai letak nya. dan ketika ditekan secara bersamaan maka data  atau angka yang muncul yaitu pada baris dan kolom yang di scan lebih dahulu.



4. FlowChart [Kembali]

a. Listing Program 

// Include the Keypad library
#include <Keypad.h>
#include <LiquidCrystal.h>

// Constants for row and column sizes
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 4;
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
// Array to represent keys on keypad
char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
  {'1', '2', '3', 'A'},
  {'4', '5', '6', 'B'},
  {'7', '8', '9', 'C'},
  {'*', '0', '#', 'D'}
};
// Connections to Arduino
byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};
byte colPins[COLS] = {5, 4, 3, 2};
// Create keypad object
Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
 
void setup() {
  // Setup serial monitor
  Serial.begin(9600);
  lcd.begin(16, 2); 
}
 
void loop() {
  // Get key value if pressed
  char customKey = customKeypad.getKey(); 
  if (customKey) {
    // Print key value to serial monitor
    lcd.setCursor(0, 0);
    lcd.print("Tombol :");
    lcd.print(customKey);
  }
}


b. Flowchart




5. Video Demo [Kembali]


6. Kondisi [Kembali]

PERCOBAAN 4 SESUSAI DENGAN MODUL 1

8. Download File [Kembali]

Download HMTL Klik disini
Download Simulasi Rangkaian Klik disini
Download Video Demo Klik disini
Download Datasheet ARDUINO UNO klik disini
Download Datasheet LCD 2X16 klik disini

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news

Blogger templates